Gejala Biduran Pada Ibu Hamil
Biduran saat hamil merupakan reaksi alergi pada makanan, gigitan serangga hingga bahan kimia.

Dalam bahasa Inggris, biduran saat hamil dikenal sebagai pruritic urticarial papules plus plaques of pregnancy (PUPPP).

“Ruam PUPPP terlampau gatal, dengan tonjolan dan bintik-bintik layaknya sarang lebah. Kondisi ini biasanya terlihat pertama kali di perut sepanjang trimester ketiga kehamilan pertama, tapi juga bisa muncu di paha, kaki, tangan, lengan, payudara, punggung, atau bokong,” menyadari Jessica J. Krant, MD, dokter kulit bersertifikat dan asisten profesor klinis dermatologi di SUNY Downstate Medical Center, mengutip berasal dari Parents.

Lebih lanjut, Jessica mengatakan bahwa biduran ini biasanya tidak mempengaruhi wajah, dan selayaknya tidak ada lepuh, gelembung air, atau pengelupasan kulit.

Cara Aman Obati Biduran Pada Ibu Hamil Obat Biduran Anak Tradisional
Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Payudara yang Gatal saat Menyusui
Jika biduran berikut merupakan ruam ringan, maka ada kecenderungan untuk hilang dengan sendirinya.

Tetapi, mutlak untuk tidak mengfungsikan sabun karena bisa memperburuk kondisi biduran tersebut.

Mengutip APA, tidak benar satu tehnik yang bisa kurangi rasa gatal adalah mandi di dalam rendaman gandum atau mengfungsikan soda kue di kamar mandi.

Selain itu, mutlak memelihara kulit lembap supaya bisa mengatasi kulit gatal dan kering.

Untuk kondisi kulit yang lebih serius, dokter bisa meresepkan obat oral atau beragam krim anti-gatal.

“Dokter persentase atau dokter kulit bisa saja bisa mendiagnosis kondisi berikut dengan pengecekan klinis. Tetapi beberapa pasien bisa saja membutuhkan biopsi kulit skala kecil untuk diagnosis pasti,” ungkap Lauren Ploch, M.D., dokter kulit bersertifikat di Aiken, Carolina Selatan, melansir Parents.

Tidak ada langkah untuk memprediksi kelompok ibu hamil mana yang akan mendapatkan PUPPP, dan tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengobatinya.

Kapan Perlu ke Dokter?
Moms wajib ke dokter terkecuali biduran tidak kunjung menghilang di dalam beberapa hari. Ruam gatal juga makin merata dan rasa gatalnya makin jadi kuat. Gatal lainnya pada ibu hamil juga bisa disebabkan karena strechmark, Moms bisa mengfungsikan Belly Lotion yang memiliki kandungan bahan – bahan yang aman untuk kulit peka ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *