Cara Memperbaiki Kesalahan “SIM Tidak Disediakan MM 2”

Masalah mendapatkan kartu SIM baru Anda untuk bekerja? Pesan kesalahan “SIM tidak disediakan MM2” membuat frustrasi, tetapi mudah diperbaiki.

Tukar kartu SIM dan mendapatkan pesan kesalahan di ponsel Anda? Kesalahan “SIM tidak disediakan MM2” cukup mudah untuk diperbaiki, tetapi apa artinya?

Pada artikel ini, kami menjelaskan cara memperbaiki kesalahan kartu SIM ini dan memastikan Anda dapat menghindarinya terjadi lagi di masa mendatang.

Apa Artinya “SIM Tidak Disediakan”?

Kartu SIM berisi informasi tertentu yang membantu mengidentifikasi akun ponsel Anda.

SIM memungkinkan telepon diidentifikasi sebagai milik Anda di jaringan seluler ( berkat nomor IMEI ). Ini memungkinkan Anda melakukan panggilan dan terhubung ke internet seluler.

Untuk memahami mengapa ponsel Anda menampilkan pesan kesalahan “SIM tidak disediakan”, ada baiknya mengetahui apa arti kata “disediakan”. Penyediaan dapat didefinisikan sebagai tindakan menyediakan atau memasok sesuatu. Dalam hal kartu SIM Anda, sim Anda tidak disediakan jika tidak lagi dapat berbagi informasi antara ponsel Anda dan penyedia Anda.

Kesalahan “SIM tidak disediakan” seharusnya hanya memengaruhi pengguna yang perlu mendaftarkan kartu SIM baru. Jika itu terjadi di waktu lain, itu bisa menandakan masalah dengan kartu SIM, yang perlu diganti.

Ketika kesalahan “Kartu SIM tidak disediakan MM2” muncul, Anda dapat melacaknya kembali ke salah satu dari berikut ini:

  • Anda membeli telepon baru dengan kartu SIM baru.
  • Anda sedang mentransfer kontak ke kartu SIM baru.
  • Server penyedia jaringan seluler Anda tidak tersedia (jika Anda menggunakan iPhone, server Apple juga harus online).
  • Ada masalah dengan penempatan kartu SIM.

Pesan kesalahan SIM lainnya mungkin terjadi, tergantung pada situasi Anda. Misalnya, jika kartu SIM dikunci ke telepon tertentu, saat Anda memasukkannya ke perangkat baru, Anda mungkin melihat pesan “SIM tidak valid”. Membuka kunci SIM akan memungkinkan Anda menggunakannya di ponsel apa pun yang kompatibel.

Apa Kesalahan “SIM Tidak Disediakan untuk Suara”?

Kesalahan yang semakin sering terjadi adalah “SIM tidak disediakan untuk suara”. Ini biasanya terjadi pada perangkat yang terhubung ke jaringan Google Fi (kombinasi jaringan seluler dan Wi-Fi) dan pada perangkat Google Pixel. Namun, ada juga kasus di mana kesalahan “SIM tidak disediakan untuk suara” ditampilkan di operator dan ponsel cerdas lain.

Apa Artinya “SIM Tidak Disediakan untuk Suara”?

Dalam kebanyakan kasus, jika ponsel Anda menampilkan pesan kesalahan “SIM tidak disediakan untuk suara”, itu berarti Anda tidak dapat melakukan panggilan suara. Alasan paling umum untuk ini adalah bahwa saluran Anda telah terputus dari akun operator Anda.

Langkah-langkah di bawah ini akan membantu menyelesaikannya.

Apa Arti Kesalahan “SIM 2 Tidak Disediakan”?

Jika kesalahan “SIM tidak disediakan” menentukan nomor, maka hampir pasti karena Anda menggunakan telepon dual-SIM. Setiap slot diberi nomor, jadi Anda mungkin melihat kesalahan “SIM 1 tidak disediakan” dan “SIM 2 tidak disediakan”.

Ini tidak terlalu perlu dikhawatirkan. Ini berarti bahwa ketika Anda mengikuti langkah empat di bawah, Anda melakukan proses dua kali, untuk setiap kartu SIM.

7 Cara Memperbaiki Kesalahan “SIM Tidak Disediakan”

Coba trik ini untuk mengaktifkan kembali kartu SIM Anda dan mengakhiri kesalahan “SIM tidak disediakan” di Android Anda.

1. Perbarui Layanan Operator

Seperti kebanyakan hal di ponsel Anda, komunikasi antara perangkat dan jaringan seluler dikendalikan melalui aplikasi.

Layanan Operator adalah aplikasi Google yang sudah diinstal sebelumnya di Android dan menerima pembaruan rutin. Jika Anda menemukan bahwa kesalahan “Kartu SIM tidak disediakan MM#2” telah terjadi tanpa Anda menukar ke telepon baru atau memasukkan SIM baru, itu mungkin karena masalah dengan Layanan Operator.

Untuk memperbaiki ini:

  1. Buka Google Play
  2. Ketuk avatar akun Anda untuk membuka menu
  3. Ketuk Kelola aplikasi dan perangkat
  4. Di bawah Pembaruan yang tersedia, ketuk Lihat detail
  5. Cari Layanan Operator
  6. Ketuk Perbarui

Jika Layanan Operator tidak tersedia dalam daftar ini, penyebab kesalahan SIM tidak disediakan adalah hal lain.

2. Aktifkan dan Nonaktifkan Mode Pesawat

Mungkin yang paling sederhana dari semua potensi kesalahan “SIM tidak disediakan MM2” adalah menonaktifkan semua konektivitas di ponsel atau tablet.

Ini dapat dilakukan dengan mudah berkat Airplane Mode, suatu keadaan yang dapat digunakan oleh perangkat seluler apa pun dengan satu ketukan. Mengaktifkan Mode Pesawat menonaktifkan koneksi ke internet seluler dan jaringan seluler dasar; dengan selanjutnya menonaktifkan Mode Pesawat, tujuannya adalah untuk membangun kembali koneksi baru untuk mengatasi kesalahan SIM yang tidak disediakan.

Untuk memasukkan Android ke Mode Pesawat:

  1. Gesek ke bawah dari atas layar dengan dua jari
  2. Di layar Pengaturan Cepat , ketuk Mode Pesawat
  3. Tunggu perubahannya (hanya beberapa detik)
  4. Saat Anda siap untuk membatalkan, cukup ulangi langkah 1-2

Pada saat itu, koneksi baru harus dibuat dengan jaringan seluler. Jika SIM berfungsi dengan baik, kesalahan “SIM not provisioned MM2” seharusnya tidak lagi muncul.

3. Nyalakan Ulang Ponsel Anda

Ini mungkin tampak tidak mungkin, tetapi mematikan telepon Anda dapat mengatasi kesalahan SIM yang tidak disediakan.

Ambil langkah-langkah biasa untuk me-restart telepon dan menunggu. Beberapa saat kemudian Anda akan melihat bahwa pesan kesalahan tidak lagi muncul, dan kartu SIM Anda diaktifkan.

4. Masukkan Kartu SIM dengan Benar

Jika masalahnya bukan pada aktivasi kartu SIM atau jaringan, maka itu mungkin SIM yang tidak pas. Ini mungkin karena masalah dengan bentuk SIM itu sendiri atau slot kartu SIM (atau caddy) yang dirancang dengan buruk.

Untuk memeriksa apakah SIM terpasang dengan benar, matikan telepon Anda, lalu temukan kartu SIM:

  • Jika Anda memiliki ponsel yang lebih lama atau lebih murah, temukan kartu SIM dengan membuka panel belakang. Anda mungkin perlu melepas baterai untuk mengakses slot kartu SIM.
  • Dengan ponsel flagship atau tanpa baterai yang dapat dilepas, slot kartu SIM biasanya berada di samping handset. Ini biasanya sebuah caddy tempat kartu SIM berada—Anda memerlukan alat pelepas SIM kecil untuk membukanya. Cari lubang kecil di sepanjang sisi ponsel Anda dan dorong alat ke dalam untuk mengeluarkan SIM.

Catatan: Pastikan untuk mengeluarkan kartu SIM dan bukan kartu penyimpanan microSD.

Melepaskan kartu SIM bisa jadi rumit. Anda mungkin perlu menggunakan pinset, atau mengeluarkannya dari bawah jika baterai yang dapat dilepas terlibat. Dengan kartu SIM dilepas, coba bersihkan, dan mungkin bersihkan dengan kain bebas serat.

Pasang kembali kartu SIM yang telah dibersihkan, hati-hati dalam memposisikannya sesuai petunjuk. Biasanya ada stiker di sebelah slot kartu SIM, atau ukiran yang menggambarkan orientasi SIM yang benar.

Pasang kembali kartu SIM di telepon Anda, dan hidupkan kembali. Kesalahan “SIM tidak disediakan” seharusnya tidak lagi muncul. Jika ya, coba SIM di ponsel lain.

5. Aktifkan Kartu SIM Anda

Dalam kebanyakan kasus, kartu SIM akan diaktifkan secara otomatis dalam waktu 24 jam setelah dimasukkan ke telepon baru. Jika ini tidak terjadi, biasanya tersedia tiga opsi untuk mengaktifkan aktivasi:

  1. Hubungi nomor otomatis
  2. Kirim SMS
  3. Masuk ke halaman aktivasi di situs web operator

Semua opsi ini cepat dan mudah tetapi bergantung pada apakah operator mendukungnya. Dalam kebanyakan kasus, SIM Anda harus diaktifkan, dan kesalahan “SIM tidak disediakan” teratasi.

6. Hubungi Operator atau Penyedia Jaringan Anda

Jika SIM tidak aktif, saatnya melakukan panggilan (dari perangkat lain!) ke operator atau jaringan Anda. Jelaskan kepada mereka pesan kesalahan dan langkah-langkah yang telah Anda ambil sejauh ini.

Seperti disebutkan di atas, mungkin ada masalah dengan server aktivasi, yang akan mencegah kartu SIM Anda aktif. Ini akan menyebabkan pesan kesalahan “SIM tidak disediakan”.

Operator Anda biasanya akan membuat Anda tetap terhubung saat mereka menyelidiki masalah tersebut. Jika ada masalah dengan server aktivasi, mungkin ada beberapa penundaan dalam mengaktifkan SIM. Di sisi positifnya, Anda akan memiliki alasan untuk kesalahan dan kemungkinan tanggal untuk penyelesaian.

7. Dapatkan Kartu SIM Baru

Masih tidak ada sukacita? Saatnya meminta kartu SIM baru, bahkan mungkin eSIM, jika ponsel Anda mendukungnya.

Anda dapat menghubungi jaringan Anda untuk ini, tetapi Anda mungkin akan merasa lebih cepat untuk pergi ke toko telepon lokal. Lebih baik lagi, cabang jaringan Anda atau outlet waralaba.

Mereka akan dapat menjalankan diagnostik pada kartu SIM dan mudah-mudahan, menyelesaikan kesalahan “SIM tidak disediakan MM2”. Jangan khawatir jika mereka mengulangi beberapa langkah yang telah Anda coba, karena ini adalah bagian dari proses diagnostik.

Jika itu berarti Anda memerlukan kartu SIM baru, ini seharusnya tidak menjadi masalah. Toko akan memiliki alat untuk mengelola swap dan mengaitkan SIM baru dengan akun Anda.

Kesalahan “SIM Tidak Disediakan MM 2”, Diperbaiki!

Perhatikan bahwa kesalahan ini hanya akan memengaruhi perangkat seluler yang menggunakan kartu SIM. Selama SIM kompatibel, dan masuk ke dalam slot, perbaikan ini akan berhasil.

Pada titik ini, Anda harus memahami mengapa ponsel Anda menampilkan pesan kesalahan “SIM tidak disediakan MM2”. Ingat, Anda memiliki lima opsi untuk memperbaiki kesalahan ini:

  1. Perbarui Layanan Operator
  2. Alihkan Mode Pesawat
  3. Mulai ulang ponsel Anda
  4. Periksa SIM terpasang dengan benar
  5. Aktifkan SIM Anda dengan benar
  6. Hubungi operator Anda untuk mendapatkan bantuan
  7. Dapatkan kartu SIM baru

Jika tidak ada yang berhasil, Anda harus menghubungi operator/penyedia jaringan Anda untuk meminta kartu pengganti. Setelah Anda menyelesaikan semuanya, kartu SIM Anda akan berfungsi tanpa masalah.

Sayangnya, kesalahan kartu SIM baru muncul setiap saat, tetapi tidak butuh waktu lama bagi internet untuk bersatu dan mulai memberikan solusi di rumah. Jika Anda mengalami masalah SIM, selalu ada baiknya melakukan pencarian online cepat untuk melihat apakah seseorang telah menemukan solusi atau solusi. Untuk informasi lebih lenajut Anda bisa mengunjungi https://efyei.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *