Wed. May 18th, 2022

5 Cara Cek Bansos BPNT Secara Online 2022 via HP & PC

BPNT kapan cair? Mungkin pertanyaan itu tersedia di benak Anda yang sepanjang ini jadi salah satu keluarga penerima kegunaan (KPM) berasal dari BPNT. Anda tidak wajib kuatir dikarenakan bansos tersebut sanggup dicek sendiri apalagi cuma lewat ponsel saja. Lantas, bagaimana cara cek Bansos BPNT?

BPNT sendiri merupakan salah satu pertolongan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang jadi KPM. Program pertolongan pangan ini sesungguhnya telah tersedia sejak beberapa tahun yang lantas bersama nama Program Raskin dan sejak tahun 2016 diganti menggunakan metode kartu elektronik.

Apa itu BPNT?

Sebelum mengulas cara cek Bansos BPNT, tersedia baiknya Anda paham terutama dahulu berkenaan apa itu BPNT. Perlu diketahui bahwa BPNT merupakan singkatan berasal dari Bantuan Pangan Non Tunai yang merupakan program pertolongan pangan berasal dari pemerintah.

Jika pada mulanya Anda mengenal Program Raskin yang menyalurkan pertolongan beras kepada rakyat bersama kategori miskin, maka BPNT merupakan sambungan berasal dari Program Raskin tersebut. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penyaluran Program Raskin diganti jadi kartu elektronik tahun 2016.

Penggunaan kartu elektronik tersebut digunakan untuk menyalurkan pertolongan sosial dan subsidi dalam bentuk non tunai lewat proses perbankan. Adapun proses penyaluran tersebut telah diatur dalam Perpres No. 63 Tahun 2017 berkenaan Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai aplikasi bansos .

Pemberian pertolongan tersebut dalam rangka untuk menanggulangi kemiskinan. Diantaranya meliputi jaminan sosial, pertolongan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, hingga layanan dasar. Metode penyaluran pertolongan non tunai ini dikehendaki sanggup lebih efektif dan tepat sasaran.

Karena kartu elektronik untuk penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai sanggup dibelanjakan di E-Warong. Selanjutnya penerima kegunaan bakal meraih pertolongan pangan berwujud beras, telur dan bahan pokok lainnya aplikasi bansos .

Besaran Bantuan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai)

Sebelum paham bagaimana cara cek Bansos BPNT, Anda termasuk wajib paham berapa besaran pertolongan pangan berasal dari pemerintah. Secara lazim pertolongan berwujud sembako berasal dari pemerintah ini diberikan setiap bulan kepada KPM bersama kuantitas Rp 200.000 atau Rp 2,4 juta per tahun.

Hingga kala ini pemerintah telah menyalurkan pertolongan sosial BPNT kepada 5,9 juta Keluarga Penerima faedah (KPM) bersama anggaran mencapai Rp 7,08 triliun. Bantuan pangan ini rencananya tetap bakal tetap berlanjut dan diberikan kepada keluarga miskin yang terdampak pandemi.

Berbeda berasal dari pertolongan sosial PKH dan BST, pertolongan pangan sebesar Rp 200.000 tersebut tidak sanggup ditarik tunai. Bantuan ini cuma sanggup dicairkan dalam bentuk sembako yang terdiri berasal dari beras, telur, daging ayam, buah dan lainnya.

Sementara untuk tahun ini pemerintah termasuk bakal menambahkan tambahan pertolongan sosial BPNT lewat program top up Kartu Sembako. Adapun kuantitas tambahan yang diberikan sebesar Rp 300.000, Tambahan ini merupakan relokasi dana pertolongan sosial dan bakal disalurkan sebanyak tiga kali.

Pemberian tambahan pertolongan ini menyasar kepada 1,4 juta KPM dan pencairannya bakal dikerjakan terhadap awal atau akhir Desember 2021. Dengan demikianlah tidak seluruh KPM BPNT bakal terima tambahan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.