Wed. May 18th, 2022

Press Release: Apa Itu, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Kamu tentu sering dengar tentang press release, kan? Tapi belum memahami contoh press release itu seperti apa? Sebelum menyelam lebih jauh, coba memahami bakal pengertiannya dulu.

Press release menjadi sarana untuk mengemukakan informasi tentang perusahaan. Contoh press release bisa kamu memandang berasal dari informasi yang diterbitkan perusahaan.

Lazimnya, public relation berasal dari sebuah perusahaan, sering mengandalkan iklan koran untuk mengabarkan apa yang berlangsung di didalam perusahaan.

Namun, situasi sekarang udah lebih maju dibandingkan dulu jasa press relase .

Perusahaan bisa menyesuaikan informasi yang menginginkan mereka berikan kepada publik. Salah satu langkah yang ditempuh oleh perusahaan adalah dengan manfaatkan press release.

Dengan press release, perusahaan bisa mengemukakan tentang apa yang terjadi, serta promo apa yang sedang diberikan perusahaan.

Nah, di didalam artikel ini, Glints bakal menyatakan kepada kamu tentang contoh press release, serta apa saja model dan contoh press release yang biasa digunakan sekarang ini.

Baca Juga: Pengertian Marketing Communication dan Tips Penerapannya
Apa Itu Press Release?

Menurut Forbes, sederhananya, press release adalah alat yang digunakan untuk publikasi.

Namun, lebih jauh, press release terhitung bisa dilihat sebagai alat untuk mengemukakan informasi kepada publik.

Lazimnya, press release bakal dihadirkan oleh perusahaan saat tersedia event tertentu yang tentang dengan perusahaan tersebut.

Dari situ, orang-orang bakal memahami apa sesungguhnya yang berlangsung dan sedang dilakukan oleh perusahaan.

Sementara itu, HubSpot menyebut terkecuali press release adalah pemberitahuan formal yang disampaikan perusahaan/organisasi.

Pemberitahuan ini diberikan kebanyakan kepada media/koran/televisi, untuk kemudian lanjut disebarkan kepada khalayak.

Press release kebanyakan tidak panjang, hanya satu hingga dua halaman saja.

Isinya kudu komprehensif, sehingga membuat media/koran/televisi yang kelak memberitakannya bisa meraih informasi yang baik.

Selain itu, press release terhitung kudu manfaatkan bahasa yang ringan dimengerti.

Hal ini semata sehingga press release bisa diberitakan kembali dengan baik, tanpa tersedia kekeliruan konteks atau informasi di dalamnya.

Jika udah seperti itu, maka press release bisa disebar dengan baik dan akurat, tanpa tersedia misinformasi yang berlangsung di dalamnya.

Kalau udah begitu, maka apa yang menginginkan disebar oleh perusahaan bakal tersebar dengan baik.

Baca Juga: Tertarik di Bidang Komunikasi Pemasaran? Ini 8 Pilihan Karier Untukmu!
Jenis-Jenis Press Release
Ada banyak press release yang biasa dipakai oleh perusahaan didalam mengemukakan informasi.

Forbes dan Fit Small Business menyebut tersedia delapan model press release yang biasa digunakan sekarang ini. Berikut beberapa contohnya:

1. General news

Ini adalah wujud paling lazim berasal dari press release. Lazimnya, press release model ini berisikan berita tentang sebuah peristiwa.

Namun, perusahaan sering jalankan modifikasi terhadap press release model ini.

Press release model ini lazim digunakan dan kebanyakan dipakai oleh beberapa pihak didalam mengemukakan berita.

Ia menjadi dasar bagi press release lain, sebab sesungguhnya press release intinya adalah mengemukakan informasi kepada khalayak.

Biasanya, saat perusahaan meraih sebuah penghargaan, mereka bakal membuat press release tentang penghargaan mereka.

Hal yang tidak tidak benar memang, sebab hal itu terhitung punyai nilai berita tersendiri.

2. Launch release

Press release model ini kebanyakan tentang dengan peluncuran perusahaan, produk, situs, atau hal-hal lain yang sifatnya pertama kali.

Formatnya serupa dengan model general news, tapi lebih dengan penekanan soal apa yang bakal datang.

Contoh press release ini kebanyakan berupa kasual. Ia terhitung bisa menjadi alat untuk menjabarkan inspirasi atau suatu hal yang bakal datang. Sebabnya, press release model ini tentang dengan suatu hal yang baru.

Biasanya, sehabis launch release ini, bakal tersedia press release kelanjutan yang disampaikan. Press release yang kelak bakal datang bakal memuat kelanjutan berasal dari apa yang udah diluncurkan sebelumnya.

3. Event press release
Press release model ini tentang dengan event yang sedang terjadi. Ia menyatakan detail-detail tentang event yang sedang terlaksana di sebuah tempat.

Ia bakal menjadi keterangan tersendiri bagi publik yang datang datang ke event tersebut.

Format berasal dari press release model ini terhitung tidak kudu mencukupi kaidah 5W (What, Where, When, Who, atau Why) 1H (How).

Ia bisa berupa list, outline, atau poin-poin tentang acara tersebut. Press release-nya tentu tak boleh membosankan.

4. Product press release

Press release model ini hampir serupa dengan launch press release.

Bedanya, product press release sertakan spesifikasi berasal dari product yang diumumkan. Hal ini membuat press release model ini lebih lengkap.

Dari press release ini juga, bisa dilihat kelebihan dan kelebihan berasal dari product tersebut. Selain itu, press release ini terhitung bisa menilai tentang bagus atau tidaknya product tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.