Mon. Sep 26th, 2022

Ponsel Android hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Namun di dalamnya, semuanya menjalankan sistem operasi dasar yang sama, yang mencakup pengaturan untuk memungkinkan Anda menyesuaikan ponsel cerdas dengan kebutuhan Anda. Dalam panduan ini, kami mengumpulkan 24 penyesuaian yang kurang dikenal untuk Anda mainkan.

Sebelum kita mulai, peringatan singkat walaupun kode Android yang sama menjalankan semua ponsel ini, pabrikan sering memodifikasi sistem operasi dengan menempelkan kulit perangkat lunak di atasnya. Petunjuk dari Teknokarta secara khusus berlaku untuk Android 10 dan Android 11, yang akan Anda temukan di ponsel Pixel terbaru Google.

Namun jika Anda memiliki ponsel yang menjalankan versi sistem operasi yang berbeda, Anda mungkin masih dapat menerapkan pengaturan Android ini Anda hanya perlu mencari-cari sedikit lagi untuk menemukannya.

1. Tingkatkan ukuran font

Anda tidak perlu menyipitkan mata dan melelahkan mata saat melihat layar Android. Buka Pengaturan dan pilih TampilanTingkat Lanjut, diikuti oleh Ukuran font, untuk melakukan penyesuaian. Seret penunjuk di sepanjang penggeser untuk membuat perubahan, dan periksa jendela pratinjau untuk melihat seperti apa hasil akhirnya. Setelah Anda mengatur ukuran font Android, sebagian besar aplikasi akan menerapkannya.

2. Pastikan Anda dapat menemukan ponsel Anda

Untuk memaksimalkan peluang Anda memulihkan perangkat yang hilang, pastikan untuk mengaktifkan sistem pelacakan bawaan Android. Buka Pengaturan, buka Keamanan dan ketuk Temukan Perangkat Saya. Setelah itu, jika Anda salah meletakkan ponsel, buka halaman ini di browser apa pun dan masuk ke akun Google Anda. Jika Anda masuk ke akun Anda di Chrome, Anda juga dapat mengetik “Di mana ponsel saya” di bilah pencarian. Anda akan dapat melihat lokasi ponsel Anda di peta, di antara opsi lain, seperti membuat perangkat berdering (meskipun dalam mode Jangan Ganggu), menguncinya, atau menghapusnya. Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan kami untuk menemukan ponsel yang hilang.

3. Tweak panel Pengaturan Cepat

Seret dua jari ke bawah dari atas layar, dan Anda akan membuka panel Pengaturan Cepat Android, yang menyediakan akses langsung ke pengaturan Android seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan mode senter. Pintasan ini berguna, tetapi Anda dapat membuatnya lebih praktis dengan menyesuaikan mana yang muncul dan urutan kemunculannya. Buka panel, ketuk ikon pena di kiri bawah, dan Anda akan dapat menambahkan pintasan dan menyeret ikon ke pengaturan baru.

4. Kurangi penggunaan data

Android menyertakan sistem bawaan untuk membatasi seberapa banyak aplikasi latar belakang data dapat melahap (setidaknya saat Anda tidak terhubung ke Wi-Fi). Mode ini akan memengaruhi aplikasi yang berbeda dalam berbagai cara misalnya, di browser, gambar mungkin tidak muncul kecuali Anda mengetuknya. Untuk mengaktifkan fitur praktis ini, buka Pengaturan dan pilih Jaringan & internet, lalu nyalakan sakelar sakelar di sebelah Penghemat Data.

5. Hentikan aplikasi baru dari membuat pintasan

Secara default, saat Anda menginstal aplikasi, aplikasi itu secara otomatis muncul sebagai pintasan di salah satu layar utama ponsel Anda. Ini memungkinkan Anda untuk meluncurkan aplikasi baru dengan cepat, tetapi juga dapat mengacaukan antarmuka Anda. Untuk menonaktifkan default ini, lakukan tekan lama pada bagian kosong mana pun di layar beranda. Saat menu muncul, pilih Home Settings dan matikan opsi Add icon to Home screen. Catatan: Pengaturan ini dulunya muncul di aplikasi Play Store, tetapi mulai Android 8.0, sekarang Anda dapat mengaksesnya dari layar beranda mana pun.

6. Putar layar beranda

Di dalam aplikasi, Anda dapat memutar ponsel untuk mengalihkan tampilan dari potret ke lanskap atau sebaliknya. Tetapi layar beranda tidak datang dengan default yang sama Anda harus mengaktifkan opsi ini. Kembali ke layar Home Settings yang dibahas dalam tip sebelumnya. Di sini, Anda dapat memilih apakah layar beranda berputar dengan ponsel atau tidak dengan mengaktifkan atau menonaktifkan Izinkan rotasi layar Beranda. Catatan: Anda tidak akan dapat mengakses opsi ini (ini akan tampak berwarna abu-abu) jika Anda telah mengunci orientasi ponsel Anda. Untuk memulihkan kemampuan ini, Anda harus membuka kunci orientasi layarbuka Pengaturan, buka TampilanTingkat Lanjut, dan ubah opsi Putar layar otomatis.

7. Proyeksikan ponsel Anda di layar yang lebih besar

Android kini hadir dengan casting internal, sehingga Anda dapat mencerminkan layar di monitor atau televisi apa pun yang dilengkapi dengan perangkat Chromecast. Meskipun banyak aplikasi memiliki tombol Chromecast sendiri, Anda juga dapat memproyeksikan layar atau aplikasi apa pun dari Pengaturan. Cukup buka Perangkat yang terhubung dan pilih Cast. Jika Anda sering melakukan ini, Android 11 juga memungkinkan Anda membuat pintasan di menu Pengaturan Cepat. Pergi ke tip nomor 3 dan seret ikon untuk Screen Cast ke atas.

8. Ubah izin aplikasi

Anda dapat melihat dengan tepat berapa banyak akses dan izin yang dimiliki aplikasi dengan membuka Pengaturan, mengetuk Aplikasi & pemberitahuan, dan memilih aplikasi (atau menekan Lihat semua aplikasi untuk melihat daftar lengkap). Kemudian, untuk melihat dan mengedit akses aplikasi tersebut, ketuk Izin. Misalnya, Anda mungkin mengizinkan aplikasi untuk mengakses daftar kontak Anda tetapi bukan lokasi Anda.

9. Kontrol penggunaan baterai

Android kini mengoptimalkan aplikasi sehingga tidak menguras baterai terlalu banyak. Misalnya, aplikasi email Anda masih dapat berjalan di latar belakang, memeriksa pembaruan, tetapi jarang melakukannya. Namun, Anda dapat mengecualikan aplikasi tertentu jika Anda ingin aplikasi tersebut selalu berjalan dengan kecepatan penuh. Buka Pengaturan dan ketuk Baterai, lalu tombol menu (tiga titik di kanan atas), lalu Penggunaan Baterai. Di sini, Anda akan dapat melihat aplikasi mana yang menguras baterai Anda sesuai dengan seberapa sering Anda menggunakannya. Ketuk salah satu dari mereka dan kemudian pada Pengoptimalan Baterai. Selanjutnya, tekan tautan Tidak dioptimalkan, lalu Semua aplikasi. Terakhir, pilih aplikasi dan pilih opsi Jangan optimalkan.

10. Bangunkan ponsel Anda dengan suara Anda

Anda tidak perlu menyentuh ponsel Anda untuk mendapatkan akses ke Asisten Google. Anda hanya perlu menyesuaikan pengaturan Android Anda. Buka aplikasi Google, ketuk tombol menu (tiga garis horizontal di kanan bawah), lalu tekan Pengaturan diikuti oleh Suara. Di ponsel Pixel, ketuk logo Google di sebelah kiri bilah pencarian di layar utama Anda. Ketuk ikon Pengaturan Asisten di sebelah kiri (kotak dengan tiga garis keluar darinya) dan kemudian gambar avatar atau inisial Anda di sudut kanan atas layar. Pilih Voice Match, dan alihkan sakelar di sebelah Hey Go ogle. Maka frasa “Hai Google” akan berfungsi kapan saja, bahkan saat perangkat Anda terkunci. Bahkan, Anda dapat menggunakan pengenalan suara untuk membuka kunci ponsel Anda dengan cara ini.

11. Kosongkan lebih banyak memori

Jika Anda menjalankan Android 7.0 Nougat atau lebih baru, Anda dapat memanfaatkan Penyimpanan Cerdas. Jika perangkat Anda kesulitan mendapatkan ruang kosong, fitur ini akan otomatis menghapus salinan lokal foto dan video yang telah ditransfer dengan aman ke Google Foto. Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan, ketuk Penyimpanan, dan nyalakan sakelar sakelar Penyimpanan Cerdas.

12. Sesuaikan waktu layar kunci

Mengapa Anda harus mengurangi waktu yang diperlukan ponsel untuk mengunci layar secara otomatis? Lebih sedikit waktu henti membuat kecil kemungkinan seseorang akan menggesek ponsel Anda sebelum mengunci sendiri. Ini juga akan mengurangi pengurasan baterai, karena layar akan tetap menyala untuk waktu yang lebih singkat. Dari Pengaturan, buka Tampilan, ketuk Lanjutan, dan pilih Batas Waktu Layar. Kemudian Anda dapat memilih periode waktu istirahat yang sesuai untuk Anda.

13. Sesuaikan notifikasi dari kontak tertentu

Untuk membantu Anda segera mengidentifikasi siapa yang menelepon dan untuk memutuskan apakah akan mengangkat atau tidak Anda dapat menetapkan nada dering unik untuk kontak tertentu. Nada dering default Anda akan tetap sama ubah di Setelan, di bawah Suara & Getaran, dan pilih Nada dering telepon. Untuk mengubah pengaturan pemberitahuan untuk individu, luncurkan aplikasi Kontak, ketuk tab Kontak, lalu nama kontak. Buka menu (tiga titik di kanan atas), dan pilih Setel nada dering. Kemudian Anda dapat memilih suara tertentu dari daftar.

14. Ubah level volume secara terpisah

Anda mungkin tidak ingin memutar podcast dengan volume yang sama dengan nada dering Anda. Untuk menyesuaikannya secara terpisah, luncurkan Pengaturan dan buka menu Suara & Getaran. Di sini, Anda akan menemukan penggeser volume untuk media, panggilan, alarm, dan nada dering. Anda juga dapat mengakses pengaturan volume individual dengan menekan tombol volume fisik, yang akan membuat satu penggeser muncul di layar, lalu mengetuk opsi penggeser di bagian bawah. Ini akan membuka menu di mana Anda dapat melihat ketiga slider volume.

15. Buka kunci ponsel Anda di mobil Anda

Setelah Anda duduk dengan aman di mobil, Anda mungkin ingin ponsel Anda terbuka sendiri. Ini akan memungkinkan Anda membuka peta tanpa memasukkan kode, dan memungkinkan penumpang mana pun untuk memutar lagu favorit Anda. Android dapat melakukan ini dengan mengenali stereo mobil Anda sebagai perangkat Bluetooth “tepercaya”, yang membuktikan bahwa Anda memiliki ponsel Anda. Dari Pengaturan, buka Keamanan, lalu Smart Lock, lalu Perangkat tepercaya. Terakhir, lakukan proses penyiapan sederhana, lalu ponsel Anda akan terbuka kuncinya saat berada di depan stereo mobil Anda.

16. Aktifkan Wi-Fi secara otomatis

Menonaktifkan Wi-Fi saat Anda bepergian akan meningkatkan keamanan ponsel dan menghemat baterai. Namun dengan adanya jaringan Wi-Fi yang kuat dan tepercaya, jaringan yang pernah Anda gunakan sebelumnya, Android 10.0 dan 11.0 dapat secara otomatis mengaktifkan kembali Wi-Fi ponsel Anda. Dari Pengaturan, ketuk Jaringan & Internet, lalu Wi-Fi, lalu preferensi Wi-Fi. Terakhir, nyalakan sakelar Hidupkan Wi-Fi secara otomatis.

17. Ubah prioritas notifikasi

Versi Android terbaru juga memungkinkan Anda memprioritaskan berbagai jenis notifikasi dari aplikasi tertentu. Di Gmail, misalnya, Anda mungkin memilih untuk menerima peringatan yang bising untuk email penting dan yang tidak terlalu mengganggu untuk pembaruan rutin. Buka Pengaturan, ketuk Aplikasi & pemberitahuan, dan pilih aplikasi tertentu atau ketuk Lihat semua untuk melihat daftar lengkap. Aplikasi yang berbeda akan menawarkan kategori peringatan yang berbeda, jadi pilih Pemberitahuan untuk melihatnya dan mengonfigurasi suara yang berbeda untuk masing-masing.

18. Beralih antar aplikasi dengan cepat

Langsung melompat dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya bukanlah, secara tegas, pengaturan Android tetapi tetap membuat pintasan yang sangat berguna. Di Android 8.0, satu ketukan pada tombol Ikhtisar ikon kotak di bilah navigasi memunculkan tampilan semua aplikasi Anda yang terbuka sebagai tab. Namun, jika Anda mengetuk tombol dua kali, Anda akan langsung beralih dari aplikasi saat ini ke aplikasi yang sebelumnya Anda gunakan. Namun, di Android 11, Anda tidak memiliki tombol tetapi Anda masih dapat melompati aplikasi dengan mulus. Saat berada di aplikasi, geser ke atas dari bawah layar lalu ke kanan untuk langsung membuka aplikasi berikutnya.

19. Ubah mode emoji

Anda dapat melihat emoji di papan ketik Google default untuk Android dengan mengetuk tombol emoji di sebelah kiri bilah spasi. Tetapi tahukah Anda bahwa Anda dapat memunculkan emoji dengan warna kulit atau jenis kelamin yang berbeda dengan menekan dan menahan ikon satu per satu? Ini berfungsi pada sebagian besar emoji yang menggambarkan orang atau bagian tubuh, seperti jempol ke atas.

20. Tampilkan informasi darurat

Jika seseorang menemukan ponsel Anda setelah Anda mengalami kecelakaan, menampilkan informasi medis utama Anda di layar kunci dapat menyelamatkan hidup Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan, pilih Tentang ponsel, lalu ketuk Informasi darurat. Anda dapat memberikan detail seperti alergi dan status donor organ, serta kontak darurat.

21. Gerakkan kursor dengan lebih hati-hati

Hanya dengan menggunakan jari-jari Anda yang kikuk, Anda mungkin kesulitan menyorot bagian teks tertentu. Jika Anda menggunakan keyboard default Google, maka trik rapi ini akan memudahkan Anda untuk memindahkan kursor teks hanya satu atau dua karakter sekaligus. Luncurkan aplikasi apa pun tempat Anda dapat menulis dan mengedit teks, dan ketuk di kotak teks untuk menarik keyboard di layar. Kemudian, alih-alih memindahkan kursor di dalam kotak teks itu sendiri, letakkan jari Anda di bilah spasi. Ketuk dan seret ke kiri atau kanan pada bilah spasi untuk memindahkan kursor pengeditan teks ke arah yang sama.

22. Tweak rentang warna

“Gamut warna” ponsel mengontrol rentang warna yang Anda lihat di layar gamut yang lebih lebar berarti warna akan tampak lebih hidup, tetapi juga kurang alami. Anda dapat menyesuaikan gamut di Settings dengan masuk ke DisplayAdvanced memilih Colors, dan memilih NaturalBoosted, atau Adaptive. Tergantung pada merek dan model ponsel Anda, Anda mungkin melihat opsi berbeda yang tercantum di sini. Bermain-main dengan mereka untuk menemukan skema warna yang paling cocok untuk Anda.

23. Tunda notifikasi

Untuk menghapus menu notifikasi yang berantakan, Anda dapat menyeret lansiran satu per satu ke kiri, dan lansiran tersebut akan hilang. Tetapi bagaimana jika Anda ingin menghilangkan gangguan itu sekarang, tetapi mengunjunginya kembali nanti, ketika Anda punya waktu untuk menanganinya dengan benar? Menunda pemberitahuan adalah fitur yang sangat berguna yang hanya tersedia di ponsel yang menjalankan Android 8.0 Oreo dan lebih tinggi. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan, Aplikasi & pemberitahuan, lalu Pemberitahuan. Gulir ke bawah, ketuk Lanjutan dan nyalakan sakelar sakelar di sebelah Izinkan penundaan pemberitahuan.Setelah diaktifkan, fitur ini akan memungkinkan Anda menyeret pemberitahuan apa pun ke kanan, dan ikon jam akan muncul. Ketuk jam, dan Anda dapat memilih untuk menunda peringatan selama 15 menit, 30 menit, 1 jam, atau 2 jam. Setelah waktunya habis, notifikasi akan muncul kembali seolah-olah baru pertama kali masuk.

24. Dapatkan bantuan dari Cortana

Ketika datang ke berbagai asisten AI, setiap orang memiliki favorit. Jika Anda lebih suka pembantu digital Microsoft daripada Asisten Google atau Bixby Samsung, Anda dapat menginstal Cortana untuk Android. Anda bahkan dapat menjadikannya aplikasi default yang muncul saat Anda menahan tombol Beranda di Android 8.0 Oreo dan lebih tinggi. Buka Pengaturan, buka Aplikasi & pemberitahuan, lalu ketuk LanjutanAplikasi default, dan Aplikasi asisten digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.