Jika Anda baru saja mulai mempertimbangkan karir sebagai psikolog, Anda mungkin ingin mengambil kursus pengantar psikologi atau berbicara dengan satu atau lebih orang dalam profesi untuk menentukan apakah itu pilihan yang tepat untuk Anda. Cara Menemukan Psikolog Setelah Anda melakukan ini dan berkomitmen untuk menjadi psikolog, Anda harus melakukan hal berikut:

Langkah 1: Dapatkan gelar sarjana

Kebanyakan psikolog memulai studi psikologi terfokus mereka sebagai mahasiswa. Hal ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan dasar pengetahuan yang luas dalam bidang tersebut dan menjadi akrab dengan spesialisasi yang berbeda. Jika Anda hanya memutuskan untuk berkarir di bidang psikologi pada akhir tahun kuliah Anda atau setelah Anda selesai, Anda mungkin tidak perlu memulai dari awal. Sebaliknya, carilah program magister yang bersedia menerima gelar sarjana Konsultan Psikologi Anak Semarang di bidang lain dan bersedia menutupi kekurangan yang mungkin Anda miliki.

Langkah 2: Mengejar pendidikan pascasarjana di bidang psikologi

Gelar sarjana atau gelar yang perlu Anda peroleh akan bergantung pada jenis psikologi yang ingin Anda praktikkan. Jika Anda ingin menjadi psikolog sekolah, misalnya, Anda mungkin hanya memerlukan gelar master daripada master dan doktor – dan Pelatihan Persiapan Psikotes Indonesia Anda mungkin menemukan gelar dalam psikologi pendidikan sama menguntungkannya dengan gelar yang lebih umum. Jika Anda sangat cenderung ke arah praktik klinis, Anda mungkin ingin mempertimbangkan gelar Doctor of Psychology daripada Ph.D. karena gelar ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan lebih sedikit penelitian dan lebih fokus pada pengembangan keterampilan klinis Anda.

Banyak orang memilih untuk mendapatkan gelar master dan Ph.D. dalam psikologi. Gelar ini dapat diterapkan ke banyak pekerjaan berbeda dalam psikologi, termasuk praktik pribadi, peneliti, akademisi, dan banyak lagi.

Langkah 3: Dapatkan pengalaman

Psikolog umumnya perlu mendapatkan sejumlah pengalaman kerja yang diawasi sebelum mereka dapat berlatih secara mandiri. Ini mungkin dalam bentuk magang selama sekolah pascasarjana, residensi rumah sakit setelah sekolah pascasarjana, atau semacam pekerjaan pasca-doktoral. Terlepas dari situasi spesifiknya, Anda harus mencatat sejumlah jam tertentu untuk bekerja bersama anggota senior dari profesi tersebut.

Langkah 4: Dapatkan lisensi

Untuk berlatih psikologi, kemungkinan besar Anda perlu mendapatkan lisensi dari negara bagian tempat Anda berencana untuk bekerja. Ini biasanya membutuhkan tiga hal: (1) gelar sarjana yang diperlukan untuk jalur karir yang Anda inginkan, (2) jam pengalaman yang diawasi (bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya), dan (3) ujian. Setelah Anda memiliki lisensi, Anda mungkin memenuhi syarat untuk mengisi sejumlah posisi atau, jika Anda mau, membuka praktik Anda sendiri. Di beberapa negara bagian, Anda mungkin perlu mengikuti kembali ujian setiap beberapa tahun dan menyelesaikan persyaratan pendidikan berkelanjutan untuk mempertahankan lisensi Anda.

Langkah 5: Dapatkan kredensial tambahan

Saat karir Anda bergerak maju, Anda pasti ingin menunjukkan pertumbuhan dan pencapaian profesional Anda dengan sertifikasi tambahan. Berbagai organisasi di lapangan menyediakan ini. Mereka sering meminta Anda untuk menyelesaikan semacam pendidikan berkelanjutan seperti seminar atau lokakarya di bidang spesialisasi Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *