Luar biasa, terjangkau, luar biasa – apa pun singkatan dari “a” di Pixel 6a, kemungkinan ponsel terbaru Google akan menarik perhatian siapa pun yang tertarik dengan produk perusahaan. Ini cukup kuat, harga terjangkau, dan meskipun kami belum meninjaunya, resep untuk sukses hadir, setidaknya di atas kertas.

Tapi ada satu detail penting ini – tanggal rilis Pixel 6a ditetapkan untuk 28 Juli, yang berarti lebih dari 2 bulan dari sekarang. Pixel 6, sementara itu, dapat menjadi milik Anda dalam beberapa hari. Dan dengan selisih harga hanya $150, orang mungkin bertanya-tanya apakah penantian itu sepadan. Mari kita bahas perbedaan antara Pixel 6 dan 6a dan coba cari tahu.

  • Pixel 6a vs Pixel 6 secara singkat:
  • Pixel 6a memiliki layar yang lebih kecil (6,1 vs 6,4 inci)
  • Pixel 6a memiliki layar 60Hz; Pixel 6 lebih mulus pada 90Hz
  • Pixel 6a memiliki RAM 6GB vs 8GB untuk Pixel 6
  • Pixel 6a memiliki kamera utama 12.2MP vs 50MP di Pixel 6
  • Tidak ada pengisian daya nirkabel di Pixel 6a
  • Pixel 6a akan datang pada 28 Juli; Pixel 6 tersedia hari ini
  • Pixel 6a akan berharga $449, $150 lebih murah

Desain dan Tampilan

Tidak mengherankan, Pixel 6a mengikuti bahasa desain yang sama yang diperkenalkan Google dengan seri Pixel 6. Kedua ponsel terlihat hampir identik, dengan strip kamera belakang khas mereka yang membentang dari sisi ke sisi. Ukuran, bagaimanapun, adalah faktor yang membedakan mereka. Pixel 6a adalah ponsel yang lebih kecil, menampilkan layar 6,1 inci vs Pixel 6 6,4 inci. Tampak juga bahwa Pixel 6a menampilkan bagian belakang “komposit termoform 3D”, yang merupakan kata mewah untuk plastik. Pixel 6 dilengkapi dengan bagian belakang Gorilla Glass 6.

Satu lagi sudut yang harus dipotong Google adalah penghilangan layar dengan kecepatan refresh tinggi – ini adalah urusan 60Hz pada Pixel 6a. Bukan pemecah masalah, jika Anda bertanya kepada kami, tetapi perbedaan dalam kelancaran yang mungkin Anda perhatikan jika Anda dimanjakan oleh layar seperti panel 90Hz Pixel 6, untuk informasi lebih lengkapnya seputar gadget di Berita Gadget Terbaru.

Kinerja dan perangkat lunak

Tensor adalah nama SoC khusus Google, yang memulai debutnya pada seri Pixel 6 tahun lalu. Ini adalah chip yang memberi daya pada Pixel 6a juga, yang merupakan berita bagus – chip sekuat ini tidak umum di antara ponsel pada titik harga ini. Menurut tolok ukur, Google Tensor tidak sekuat chip Qualcomm Snapdragon terbaru, tetapi dioptimalkan untuk tugas AI dan pembelajaran mesin seperti pengenalan suara.

Namun, dari segi kinerja, chipset adalah tempat kesamaan antara Pixel 6a dan Pixel 6 biasa berakhir. Dalam hal memori, 6a memiliki RAM 6GB, sedangkan Pixel 6 menawarkan 8GB sebagai perbandingan. Ini seharusnya tidak terlalu memengaruhi tugas sehari-hari, tetapi beberapa waktu pemuatan yang lebih lambat dan aplikasi latar belakang yang menutup lebih cepat diharapkan dari model yang lebih terjangkau. Perbedaan lainnya adalah Pixel 6a hanya hadir dalam satu opsi penyimpanan, tepatnya 128GB, sementara Anda bisa mendapatkan Pixel 6 dalam versi 256GB.
Kamera

Sistem kamera biasanya merupakan salah satu area yang perusahaan mulai mengambil jalan pintas terlebih dahulu ketika membuat model yang lebih terjangkau untuk jajarannya. Hal yang sama berlaku untuk Pixel 6a, yang dilengkapi dengan kamera utama yang sama dengan yang ditemukan pada Pixel 5a dan bahkan model yang lebih lama.

Meskipun menggunakan perangkat keras yang sama untuk kakap utama, penyertaan chipset Tensor Google sendiri memberikan kehidupan baru dalam bentuk fitur seperti alat Enhanced Magic Eraser untuk menghapus objek di foto, Real Tone untuk warna kulit yang akurat, dan Night Sight. untuk kinerja cahaya rendah yang lebih baik. Kami tidak sabar untuk mendapatkan kesempatan untuk meninjau Pixel 6a dan melihat apakah Tensor berkontribusi pada beberapa peningkatan secara detail juga. Salah satu fitur dari varian yang lebih canggih yang tidak dimiliki Pixel 6a adalah  Mode Gerak  yang membuat subjek yang bergerak cepat tetap fokus.

Untuk kamera ultra-lebar, yang ada di Pixel 6a memiliki spesifikasi yang sama persis di atas kertas, seperti yang ada di Pixel 6. Dengan kata lain, kamera ultrawide 12MP yang ditenagai oleh sensor Sony IMX386, dengan 1,25 m piksel besar, bukaan /2.2, dan bidang pandang 114°. Penembak lain yang dicuri dari model $150 yang lebih mahal adalah yang menghadap ke depan, yang memiliki sensor 8MP dan IMX355. Secara teknis, kedua kamera ini harus bekerja dengan cara yang sama di kedua ponsel, tetapi kami akan memberi tahu Anda dengan pasti setelah ulasan kami ditayangkan, untuk lebih lengkapnya di Teknosional.

Daya tahan baterai dan pengisian daya

Pixel 6a hanya hadir dengan baterai yang sedikit lebih kecil daripada Pixel 6—4410mAh vs 4614mAh. Kemenangan yang lebih jelas untuk opsi yang lebih mahal dapat dilihat ketika melihat kecepatan pengisian daya untuk kedua perangkat, di mana 6a ditunjukkan untuk mendukung pengisian daya maksimum 18W, sedangkan Pixel 6 dapat naik hingga 30W.

Terlebih lagi, Pixel 6a tidak dilengkapi dengan pengisian daya nirkabel, tidak seperti Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Harapan

Untuk saat ini, informasi yang kami miliki di atas kertas dari pengumuman resmi Pixel 6a memberikan gambaran yang sangat jelas tentang apa yang harus kami harapkan ketika kami mendapat kesempatan untuk membandingkannya dengan Pixel 6.

Kamera utama, misalnya, mungkin tidak akan berkinerja sebaik model yang lebih mahal, tetapi sisanya akan menunjukkan hasil yang serupa. Dalam hal kinerja, memiliki memori 6GB bukannya 8GB dapat menghasilkan beberapa perbedaan dengan penggunaan perangkat sehari-hari tetapi seharusnya tidak terlalu jelas.

Memegang 6a juga seharusnya tidak terasa berbeda jika dibandingkan dengan Pixel 6, selain layar, bodi, dan strip di bagian belakang yang sedikit lebih kecil. Yang mengatakan, kita tidak sabar untuk melihat apakah faktor bentuk yang sedikit lebih kecil itu akhirnya diterjemahkan dalam perasaan dunia nyata yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *