Mon. Sep 26th, 2022

Dunia aplikasi adalah dunia Portal Info Terkini, di mana persaingan sangat ketat! Pertarungan antara Google Android dan iOS Apple cukup jelas. Mereka adalah dua platform hebat yang masing-masing memiliki kekuatan unik dan memiliki akses ke sejumlah besar aplikasi. Siapa yang pada akhirnya akan memenangkan perang aplikasi seluler?

Google membayar jutaan kepada Apple untuk menjadikan mesin pencari mereka sebagai penyedia pencarian default untuk perangkat iOS tetapi Google mengumpulkan lebih banyak dari iklan yang ditempatkan di perangkat Apple. Apple dan iOS hanya ada untuk melayani 15% teratas segmen terkaya dari populasi global sementara semua orang menggunakan Android. Penelitian menunjukkan bahwa Google Android menikmati hampir 78% pangsa pasar, secara global. Sejumlah perusahaan riset menunjukkan bahwa pasar condong ke Android. Pangsa pasar saja bukan satu-satunya faktor utama. Ponsel Android OS sebagian besar adalah ponsel kelas bawah dan pengguna di pasar itu biasanya bukan pembelanja besar. Apple, di sisi lain, bekerja di ujung yang lebih tinggi dan dilaporkan memiliki 800 juta kartu kredit di iTunes. Itu banyak uang untuk mengembangkan bisnis aplikasi iPhone-nya.

Pada minggu pertama Januari tahun ini, penggemar iOS telah menghabiskan sekitar $500 juta untuk aplikasi iPhone dan pembelian dalam aplikasi, yang merupakan jumlah yang sangat besar. Ada beberapa alasan yang jelas untuk kesuksesan Apple. Kontrol kualitas adalah hal yang sangat penting, karena Apple menjaga kontrol yang ketat pada perangkat keras dan sistem operasi smartphone. Selain itu, Apple menghabiskan banyak uang untuk pengembang setiap tahun. Tetapi unduhan Google Play di seluruh dunia lebih tinggi daripada App Store karena basis konsumen Android sangat besar. Google Play kini telah melampaui App Store Apple karena jumlah aplikasi yang dihostingnya lebih banyak dan juga jumlah pengembang yang bekerja di platform tersebut.

Dikatakan bahwa pengguna aplikasi iOS lebih menyukai aplikasi dan belanja bebas daripada pengguna Android. Ada banyak bintang yang membuat aplikasi iOS menjadi pasar yang jauh lebih menarik daripada Android. Mengembangkan untuk Android adalah hal yang merepotkan – kendala yang jelas adalah tantangan untuk mendukung berbagai perangkat dari pabrikan yang berbeda, dengan spesifikasi dan fitur perangkat keras yang berbeda dan menjalankan varian OS yang berbeda. Pengembangan aplikasi seluler iOS relatif lebih mudah daripada Android, bahkan jika Anda baru.

Baik iOS dan Android memiliki lebih dari satu juta aplikasi tetapi keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam beberapa kasus, Aplikasi Android yang tersedia di pasar tidak memiliki fitur utama. Misalnya, aplikasi TiVo memungkinkan Anda mengelola rekaman DVR Anda tetapi tidak mengizinkan Anda menontonnya. Banyak yang berpendapat bahwa pangsa pasar Android yang luar biasa akan membawanya menjadi platform aplikasi yang dominan. Popularitas Android yang semakin meningkat memiliki efek positif pada unduhan aplikasinya. Namun, pengguna iPhone dapat yakin untuk mendapatkan pembaruan di masa mendatang setidaknya sedini orang lain jika aplikasi seluler iOS tersedia di App Store Apple. Tetapi ada pengecualian dalam kasus Android. Ketika pembaruan aplikasi datang, seseorang harus menunggu selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelum pembaruan tersedia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.