Tue. Jun 28th, 2022

Mengapa Bisnis Harus Memiliki Website? Pentingkah?

Sebagai pengusaha, pernah mungkin Anda biasa saja bersama dengan pertanyaan, hari gini gak memiliki website? Anda merasa kehidupan bisnis Anda terjadi baik-baik saja kok tanpa keberadaan website. Padahal, memang pertanyaan seperti itu wajar saja, mengingat kami hidup di zaman serba digital. Rasanya, memiliki sebuah web site adalah sebuah keharusan bagi sebuah bisnis.

Keberadaan web site bagi bisnis yang dianggap tak terlalu mutlak menemukan klimaksnya kala krisis akibat covid-19 ini. Tidak ada satupun orang di dunia yang menyangka dan memprediksi virus corona ini akan singgah menghantam serta memporakporandakan kehidupan.

Pandemi covid-19 ini adalah krisis kesehatan yang nyata-nyata yang berdampak mutlak terhadap rantai pasokan global, pasar di semua dunia, bisnis kecil dan besar untuk kala yang tidak terbatas. Yes, we are facing the uncertainty. Ketika banyak bisnis tiarap terdampak dari virus corona, makin memperjelas bahwa sebagai bisnis, memiliki web site yang mampu menanggulangi dan menolong online bisnis sangatlah penting.

Baca Juga Ini Dia Pentingnya Bisnis Go Digital Saat Krisis Covid-19

Sebelum pandemi, orang condong untuk mencari informasi perihal produk atau layanan yang mendambakan dibeli berdasarkan ulasan, user generating content serta influencer secara online.

Dengan memiliki sebuah website, artinya Anda merasa memposisikan diri Anda secara online bersama dengan target profesional serta berupaya untuk berikan kesan kepada calon pelanggan perihal bisnis Anda. Dan Anda akan mempermudah kastemer atau pun prospek Anda didalam mencari informasi perihal produk atau bisnis Anda di internet https://konsultandigitalmarketing.id .

Namun sekarang, ditengah jenis hidup #dirumahsaja, online shopping sudah jadi andalan. Hal ini dapat dukungan bersama dengan information dari Bank Indonesia (BI) terdapat peningkatan kuantitas transaksi pembelian melalui e-commerce terhadap bulan Maret 2020. Transaksi pembelian melalui e-commerce meningkat 18,1% jadi 98,3 juta transaksi dan keseluruhan nilai transaksinya meningkat 9,9% jadi Rp 20,7 triliun.

Nilai yang tidak kecil bukan? Menggiurkan malah! Pandemi ini cuman tidak benar satu trigger betapa pentingnya memiliki web site untuk bisnis. Karena tak ada yang jelas apa yang akan terjadi nanti, apakah krisis ini akan berlanjut? Apakah akan ada krisis yang lainnya?

Nah, untuk Anda yang belum memiliki website, kami mampu tebak tidak benar satu alasannya dikarenakan tidak memiliki budget spesifik untuk membangun website. Betul bukan? Padahal, kata siapa bikin web site itu mahal? Dalam bisnis, memiliki sebuah web site adalah sebuah investasi.

Mengapa demikian?

Karena bersama dengan memiliki memiliki website, maka semua information yang masuk akan langsung tercatat dan dari information tersebut mampu langsung dimanfaatkan untuk mendongkrak bisnis Anda.

Saat ini sudah ada banyak penyedia web site gratis dan open-source yang ada untuk menolong desain web. Dengan keberadaan proses pengelolaan konten ini, sangat mungkin Anda untuk membangun web site bisnis kecil tanpa mesti meng-hire perancang web site maupun web site developer (tentunya jikalau Anda jelas dasar coding).

Kecuali apabila Anda memiliki budget khusus, dan Anda memang sudah tidak memiliki kala untuk studi sekaligus membangun sendiri web site anda. Tentunya mempekerjakan web site designer dan web site developer untuk membangun web site Anda secara profesional bukanlah keputusan yang salah.

Kalau Anda masih ragu, mutlak tidaknya web site bagi bisnis Anda? Coba perhitungkan tujuh alasan mengapa memiliki web site mutlak bagi bisnis tersebut ini.

#1. Low Cost Advertising
Semua bisnis butuh marketing. Keberadaan web site akan menolong Anda didalam membangun brand image Anda dan menolong membuat ikatan atau engagement yang kuat bersama dengan existing kastemer maupun prospek Anda jasa pembuat website sales mobil .

Sebuah web site sangat mungkin Anda untuk menjangkau pasar yang terlalu luas.

Website Anda adalah alat pemasaran sekaligus tempat tinggal online yang terlalu mampu Anda kendalikan yang tidak sama bersama dengan social media.

Meskipun butuh kala yang tidak sebentar untuk membangun traffic yang memadai ke web site Anda, tapi dari segi biaya tak mesti diragukan lagi. Dibandingkan bersama dengan biaya iklan pemasaran konvensional, membuat web site bersama dengan konten yang berkualitas pasti jauh lebih terjangkau.

Anda termasuk mampu bersama dengan enteng berkompetisi bersama dengan brand besar atau perusahaan ternama tanpa mengeluarkan banyak uang. Yang Anda perlukan adalah membuat siasat membangun web site Anda bersama dengan SEO dan konten, SEM, Social Media Management dan Paid Ads serta aktivitas Social Media Optimization (SMO) mampu menolong Anda untuk dikenali oleh pelanggan ataupun prospek Anda.

#2. Mudah Diakses oleh Konsumen
Memiliki web site artinya terhubung kesempatan bisnis Anda untuk berinteraksi bersama dengan pelanggan maupun prospek Anda di mana pun dan kapan pun mereka mau. Layaknya memiliki etalase toko virtual yang online selama 24/7 dan oleh dikarenakan itu pelanggan Anda berharap mampu berinteraksi bersama dengan bisnis Anda kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Website Anda akan bertindak sebagai sumber informasi yang tetap ada untuk informasi yang seharusnya cuma mampu dibuka selama jam kerja perusahaan Anda.

Untuk Anda yang memiliki budget terbatas, Anda mampu pakai web site professional bersama dengan fitur dasar yang mencantumkan bermacam informasi yang relevan perihal bisnis Anda.

Namun apabila budget Anda lebih, Anda mampu membuat web site bersama dengan fitur yang lebih rumit.

Terutama apabila Anda memiliki bisnis berkonsep business to consumer (B2C) maka web site e-commerce mampu jadi pilihan tepat. Selain fiturnya yang lengkap, bersama dengan e-commerce akan memudahkan Anda didalam melayani pelanggan merasa dari pemesanan, pembayaran hingga konfirmasi pembayaran didalam satu web site tersebut.

Baca Juga Mengenal Website e-Commerce dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Bandingkan apabila Anda tidak pakai web site yang terintegrasi bersama dengan proses pembayaran online serta kastemer service.

Contohnya, Anda merekrut staf admin untuk menanggulangi 3 hingga 4 akun Whatsapp atau Line. Saat pesanan membludak Anda mesti menyisir rekening akun Anda satu per satu dan sesuai bersama dengan pesanan yang ada di messenger tersebut. Belum kembali jikalau ternyata messenger tengah error.

Pusing bukan?

Nah bersama dengan pakai web site e-commerce ini, Anda memang akan mengeluarkan duwit lebih banyak. Tetapi namanya termasuk investasi, toh Anda termasuk yang akan merasakan bermacam kemudahan dari pemakaian web site e-commerce ini yang imbasnya pasti saja untuk kemajuan bisnis Anda.

#3. Visibilitas
Meningkatkan visibilitas merupakan tidak benar satu aspek utama yang membuat web site jadi mutlak bagi bisnis Anda. Walaupun orang mungkin sudah kerap mendengar perihal perusahaan atau bisnis Anda, tapi tetap ada mungkin orang untuk mendambakan jalankan penelitian secara online terutama dahulu, sebelum akan memastikan mempergunakan produk atau layanan Anda atau bahkan sebelum akan singgah ke toko atau kantor Anda.

Untuk itu, jikalau bisnis Anda memiliki offline store atau kantor, berikan peta serta anjuran arah ke toko atau kantor perusahaan Anda di website, agar pengunjung tidak mengalami kesulitan untuk menemukan area Anda.

#4. Kredibilitas
Dengan membangun sebuah web site artinya Anda berikan kesempatan terhadap bisnis Anda untuk berikan jelas kastemer mengapa mereka mesti mempercayai Anda. Anda termasuk mampu mengimbuhkan testimonial dan fakta terhadap web site untuk menolong hal tersebut.

Pasalnya, kecenderungan orang kala ini akan mencari informasi di internet untuk mengecek kredibilitasnya perihal suatu produk atau layanan sebelum akan memastikan jalankan pembelian.

Bila Anda mengimbuhkan layanan atau produk yang baik, kabar baik dari mulut ke mulut perihal bisnis Anda mungkin akan menyebar. Yang terhadap gilirannya, mengimbuhkan lebih banyak repeat kastemer dan bahkan timbulnya bisnis baru.

Dengan pakai website, Anda akan mampu terus melayani kastemer secara online dan meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pemilik bisnis.

#5. Tak Ada Website = Kehilangan Bisnis
Di era digital kala ini, apabila Anda tidak memiliki web site maka Anda akan kehilangan kesempatan bagi pelanggan untuk mengidentifikasi siapa Anda dan jikalau mereka mendambakan menggunakan duwit untuk produk atau layanan Anda.

Namun, jangan kemudian Anda ceroboh membuat web site dan berakibat terhadap web site Anda tampak buruk. Memiliki web site yang tidak baik tidak lebih baik daripada tidak memiliki web site sama sekali.

Mengapa demikian?

Website yang tidak baik memang akan berdampak terhadap bisnis Anda. Website tidak baik akan membuat bisnis Anda jadi keluar buruk. Dengan begitu banyak web site berbasis template yang ada kala ini, Anda pasti memiliki lebih banyak pilihan yang sesuai bersama dengan bisnis atau brand Anda. Jadi, tidak ada alasan kembali web site Anda keluar tidak baik dan tidak profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.