Tue. Jun 28th, 2022

Ketahui Sistem Kerja Sampai Harga Solar Cell untuk Rumah Tangga

Ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dapat diadaptasikan dengan penggunaan solar cell (sel surya) untuk rumah tangga. Solar cell merupakan perangkat atau komponen yang dapat merubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan manfaatkan komitmen efek photovoltaic. Dengan begitu, masyarakat dapat meminimalisir efek pemanasan international dalam pengadaan tenaga listrik dengan menukar tenaga batu bara (PLN) menjadi tenaga surya manfaatkan solar cell.

Sebagai negara tropis, Indonesia benar-benar kaya akan cahaya matahari. Dengan perangkat solar cell ini cahaya yang masuk akan membuahkan tegangan dan arus yang lebih kuat terhadap umumnya. Sehingga, solar cell dapat menjadi sumber listrik untuk berbagai macam perangkat yang tersedia di rumah maupun lebih kurang Anda.

Cara kerja solar cell

Cara kerja solar cell ini memadai sederhana. Komponen utama berasal dari solar cell terbuat berasal dari bahan semikonduktor, dimana didalamnya setidaknya terdapat dua susunan semikonduktor berupa positif dan negatif. Saat solar cell bekerja, maka ia akan menangkap cahaya matahari yang berupa partikel kecil berasal dari energi foton matahari Plts on grid .

Saat energi foton yang diserap oleh susunan negatif berasal dari solar sel sudah cukup, maka elektron akan dibebaskan berasal dari susunan negatif menuju ke susunan positif, sehingga timbul beda potensial dengan sebutan lain tegangan. Dari situlah akan timbul energi listrik yang nantinya dapat disimpan ke dalam sebuah baterai, sehingga solar cell dapat digunakan selama 24 jam.

Listrik yang dihasilkan oleh sistem solar cell juga dapat digunakan secara langsung. Misalnya, untuk manfaatkan lampu, pompa, radio, dan sebagainya. Bukan hanya itu, listrik juga dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga yang miliki watt memadai besar, layaknya lemari pendingin dan air conditioner (AC).

Harga solar cell untuk rumah tangga

Jika berkata tentang harga solar cell untuk rumah tangga, kamu akan dikenakan ongkos yang relatif mahal. Namun, ongkos ini mencakup alat dan jasa pemasangannya. Apabila dibandingkan dengan listrik terhadap umumnya, solar cell miliki keuntungan yang akan Anda dapatkan sampai bertahun-tahun lamanya. Untuk penggunaan rumah tangga biasanya dapat bertahan sampai 20 – 25 tahun.

Sebelumnya, Anda perlu mempersiapkan lebih dari satu komponen yang dibutuhkan, berupa solar cell, module/PV, solar charge controller, baterai, dan inverter DC to AC. Semua alat ini untuk membuahkan aliran listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.