Wed. Aug 10th, 2022

Sebuah kapal tanker kimia didefinisikan sebagai sebuah kapal tanker yang membawa kargo cair dalam jumlah besar. Ada berbagai macam kargo yang dibawa oleh kapal-kapal ini, tidak hanya produk kimia tetapi juga komoditas (minyak nabati, lemak, anggur) dan Membuat Layanan Pengiriman Barang Terbaik zat anorganik (asam sulfat, asam fosfat, dan soda api).

Sekitar 30% kargo perdagangan cair (produk kimia dan kimia) dibawa oleh kapal tanker kimia. Karena pertumbuhan industri kimia yang luar biasa, industri perkapalan membawa lebih dari 50.000 zat kimia yang berbeda. Oleh karena itu, permintaan Jasa Cargo Jakarta Tanjungpinang kapal tanker kimia yang lebih canggih dan efisien juga akan meningkat.

Tentang Lapisan Tangki Kargo

Kapal tanker kimia adalah jenis kapal yang sangat istimewa karena kompleksitas dan kekhasan muatannya. Jadi sebagian besar waktu, banyak perhatian diberikan pada tangki kargo dan kemampuan mereka untuk memastikan kualitas dan kemurnian kargo selama perjalanan.

Pelapisan tangki kargo memiliki dua peran utama, pertama untuk menciptakan penghalang pemisah untuk menghindari kontak langsung antara baja ringan (konstruksi tangki) dan zat kargo korosif. Kedua, harus memiliki permukaan yang halus/licin untuk memudahkan pengoperasian pembersihan tangki.

Pelapisan tangki kargo dapat dikategorikan menjadi dua kelompok utama:

1. Lapisan anorganik – jenis silikat seng dan etil silikat.

Umumnya, umur lapisan ini sebanding dengan ketebalan lapisan. Lapisan ini merupakan lapisan satu lapis, terdiri dari silikat anorganik berpigmen dengan persentase tinggi bubuk seng.

2. Pelapis organik – epoksi dan sistem epoksi yang dimodifikasi.

Jenis pelapis ini terdiri dari sistem resin organik, yang membentuk ikatan kimia yang kuat antara molekul resin. Jenis pelapis tersebut memiliki kemampuan untuk menahan asam atau basa yang lebih kuat daripada pelapis anorganik. Dan mereka cenderung menyerap kargo dalam jumlah yang signifikan dan masalah kontaminasi dapat terjadi

Sistem dan Jenis Pelapisan

Berbagai jenis pelapis telah digunakan untuk layanan tangki kargo dalam perdagangan laut. Beberapa lapisan ini telah berhenti digunakan. Dan lapisan yang lebih andal dan fleksibel telah dikembangkan. Sistem pelapisan tipikal dapat dikategorikan sebagai pelapisan Seng dan Epoxy

Seng silikat

Seng silikat adalah formulasi bubuk seng ditambah pengikat organik atau anorganik, dan dirancang untuk menjadi film berpori, yang dapat menimbulkan masalah dalam proses pembersihan tangki terutama ketika kapal membawa kargo yang tidak mudah menguap.

Karakteristik Utama:

·Tidak tahan terhadap asam kuat atau basa kuat, termasuk air laut yang memiliki efek pelemahan yang lambat

· Resistensi dan toleransi tinggi terhadap pelarut hidrokarbon aromatik, alkohol dan keton

· Kargo yang mudah menguap diserap dengan sangat cepat, dan menahan minyak yang tidak mudah menguap seperti kargo

· Residu dapat mengakibatkan kontaminasi pada kargo berikutnya atau setelah kargo berikutnya

Epoksi

Umumnya cocok untuk pengangkutan alkali, lemak hewani dan minyak nabati tetapi memiliki ketahanan terbatas terhadap aromatik seperti benzena dan toluena, alkohol seperti etanol dan metanol

Karakteristik Utama:

·Tahan terhadap sebagian besar asam dan basa kuat

· Jangan menyimpan minyak seperti kargo. Kargo pelarut diserap

· Cuci dengan air sebelum ventilasi menyeluruh dan desorpsi residu dapat menyebabkan kerusakan serius pada lapisan

· Residu dapat mengakibatkan kontaminasi pada kargo berikutnya atau setelah kargo berikutnya

·Cocok untuk pengangkutan lemak hewani dan minyak nabati asalkan kandungan asam lemak bebas 5%

Pelapisan diperlukan untuk setiap tangki kargo yang dibangun dari baja ringan. Sebagian besar armada kimia modern BLT Chembulk Group adalah tangki kargo SUS. SUS adalah bahan yang baik untuk tangki kimia, karena kemampuannya untuk membuat lapisan pasif di permukaannya. Lapisan pasif ini terutama terdiri dari kromium oksida, yang sangat tahan terhadap lingkungan korosif.

Namun, di beberapa lingkungan seperti asam panas yang kuat, larutan klorida dan umumnya larutan yang mengandung halogen, film pasif dapat rusak secara lokal dan formulasi film baru dapat terganggu. Secara umum, SUS dianggap sebagai bahan konstruksi yang ideal karena tidak korosif dan mudah dibersihkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.