Nama Nama Nabi dan Rasul didalam Islam yang Wajib Diketahui

Nama Nama Nabi dan Rasul didalam Islam yang Wajib Diketahui

Mengenal nama nama nabi dan rasul merupakan tidak benar satu perihal wajib dikerjakan oleh umat Islam. Pasalnya nabi dan rasul tersebut adalah utusan Allah SWT bersama dengan sifat-sifat tauladan yang wajib diimani dan dijadikan sebagai panutan umat muslim. Dalam ajaran agama Islam, setidaknya terdapat 25 nama nama nabi dan rasul yang wajib diketahui oleh umat muslim 25 nama nabi .

Nabi dan rasul terhadap dasarnya memiliki pengertian yang berbeda, di mana tiap-tiap rasul adalah nabi, sedangkan tiap-tiap nabi belum tentu seorang rasul.
Agar umat muslim bisa makin lama mengerti apa itu nabi dan rasul, maka tersebut adalah pengertiannya tiap-tiap sebagaimana dikutip berasal dari buku Pintar Agama Islam, Suprihadi (2016: 22):
Nabi adalah sebutan bagi seorang laki-laki pilihan yang memperoleh wahyu bersifat syariat Islam berasal dari Allah SWT untuk disampaikan kepada dirinya sendiri
Rasul adalah sebutan bagi seorang laki-laki pilihan yang memperoleh wahyu bersifat syariat Islam berasal dari Allah SWT dan ditugaskan untuk mengemukakan wahyu tersebut untuk dirinya sendiri dan disampaikan pula kepada umatnya.
Siapa Saja 25 Nabi dan Rasul?

Mengutip berasal dari laman uinjkt.ac.id (diakses terhadap 6/12/21), disebutkan didalam literatur hadist bahwasanya terdapat 124 ribu nabi dan 315 rasul yang diberikan wahyu oleh Allah SWT bersifat syariat agama Islam.

Meski kuantitas total nabi dan rasul sangatlah banyak, tapi umat muslim cuma diwajibkan untuk mengenal 25 nama nama nabi dan rasul saja. Adapun daftar nama nama nabi dan rasul yang wajib diketahui umat Islam tersebut diantaranya sebagai berikut:
Nabi Adam
Nabi Idris
Nabi Nuh
Nabi Hud
Nabi Saleh
Nabi Ibrahim
Nabi Luth
Nabi Ismail
Nabi Ishaq
Nabi Yaqub
Nabi Yusuf
Nabi Ayyub
Nabi Syu’aib
Nabi Musa
Nabi Harun
Nabi Dzulkifli
Nabi Daud
Nabi Sulaiman
Nabi Ilyas
Nabi Ilyasa
Nabi Yunus
Nabi Zakariya
Nabi Yahya
Nabi Isa
Nabi Muhammad SAW
Siapa Nabi yang Paling Akhir?
Di atas sudah disebutkan nama-nama serta alur 25 nabi dan rasul yang wajib diimani. Sehingga bisa anda ketahui bahwa Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS sebagai nabi pertama.
Sedangkan nabi paling akhir yang diutus oleh Allah SWT adalah Nabi Muhammad SAW. Mengenai Nabi Muhammad SAW yang merupakan penutup berasal dari 25 nabi juga sudah dijelaskan didalam Al-Quran surat Al Ahzab ayat 40, Allah SWT berfirman:

مَّا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَآ أَحَدٍ مِّن رِّجَالِكُمْ وَلَٰكِن رَّسُولَ ٱللَّهِ وَخَاتَمَ ٱلنَّبِيِّۦنَ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمًا
Artinya: “Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak berasal dari seorang laki-laki di antara kamu, tapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al Ahzab: 40).
Berdasarkan ayat tersebut, Nabi Muhammad mendapat julukan Khataman Nabiyyin (خاتم النبيين) atau penutup para nabi dan rasul. Disebutkan juga didalam hadis riwayat Abu Dawud bahwa tidak ada lagi nabi setelah Nabi Muhammad SAW.
Rasulullah SAW bersabda: “Akan ada terhadap umatku 30 pendusta seluruhnya mengaku nabi, dan saya penutup para Nabi dan tidak ada nabi setelahku.” (HR. Abu Dawud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *