Mon. Sep 26th, 2022

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Aplikasi adalah bagian paling penting yang ada pada smartphone Android. Ada dua tipe aplikasi yang ada di ponsel Android, yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi bawaan merupakan aplikasi yang langsung ada pada smartphone Android itu sendiri layaknya Galeri, Musik Player, Video Player, Google Chrome, Gmail, Google Drive, dan lainnya. Sedangkan aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang kami tambahkan sendiri sesuai dengan permintaan kita, layaknya aplikasi WhatsApp, FB Messenger, Instagram, Twitter, TikTok, dan lain sebagainya.

Apa penyebab aplikasi Android saya tidak mampu dibuka? Pertanyaan layaknya ini sering kali ditanyakan para pengguna Android yang mengeluhkan aplikasinya tidak mampu dibuka sama sekali. Terkadang keluar pesan error layaknya “Sayangnya, aplikasi sudah berhenti”, “Sayangnya, aplikasi tidak menanggapi”, “Sayangnya, aplikasi terus berhenti”, “aplikasi terhenti”, “not enough memory”, “not responding”, “com.android.process sudah berhenti”, dan sejenisnya.

Pesan semacam itu berarti bahwa aplikasi berikut mengalami error supaya tidak mampu dibuka dan tidak mampu dilakukan sama sekali. Penyebabnya mampu berbagai macam jadi dari file cache yang tidak dulu dihapus, memori Android penuh, aplikasi tidak dulu diperbarui, serta bugs pada aplikasi. Sebagai pengguna Android yang gaptek sudah pasti Anda pasti bingung didalam mengatasi kasus tersebut. Tapi tenang saja, karena kali ini saya bakal memberi tambahan solusi jitu yang barangkali saja mampu mengatasi persoalan yang sedang Anda hadapi. Namun sebelum saat itu, Anda mampu liat dahulu beberapa poin penyebabnya berikut ini decorvills.net .

Memori RAM penuh – Inilah yang sering kali sebabkan aplikasi tidak mampu dibuka. Memori RAM yang penuh berlangsung karena kesibukan multitasking yang berlebihan serta banyaknya aplikasi yang berlangsung di latar belakang.
Penumpukan file cache – File cache sering kali di abaikan oleh beberapa pengguna Android. Padahal penumpukan file cache yang berlebihan mampu sebabkan kasus konflik pada file proses dan aplikasi.
Memori internal penuh – Penyimpanan internal yang penuh / nyaris habis juga mampu sebabkan kasus pada proses dan aplikasi. Hal ini beralasan karena proses dan aplikasi juga butuh ruang yang memadai untuk memproduksi information dan informasi yang dibutuhkan. Anda kudu membersihkan memori internal supaya ponsel selalu stabil dan optimal saat digunakan.
Bugs pada proses – Jika Anda mengalami kasus error tidak hanya satu aplikasi namun pada banyak aplikasi terinstall, barangkali saja terdapat bugs pada proses Android Anda. Jika ada pembaruan sistem, cobalah jalankan pembaruan untuk melakukan perbaikan kasus tersebut.
Bugs pada aplikasi – Kemungkinan lain terdapat bugs pada aplikasi supaya sebabkan aplikasi tidak mampu dibuka. Cobalah untuk memperbarui aplikasi untuk melakukan perbaikan kasus tersebut.
Aplikasi tidak sesuai – Kemungkinan aplikasi yang Anda install tidak sesuai dengan ponsel Android Anda. Misalnya aplikasi sesuai pada Android 7.0 (Nougat) ke atas, namun ponsel Android Anda masih memanfaatkan Android 5.0 (Lollipop).
Aplikasi masih didalam versi beta – Mungkin saja aplikasi yang Anda install masih didalam tahap uji cobalah (versi beta), supaya masih banyak bugs di dalamnya.
dll.
Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

Cara mengatasi aplikasi Android tidak mampu dibuka
Setiap pengguna Android miliki rusaknya aplikasi yang berbeda-beda, entah pada aplikasi bawaan ataupun pada aplikasi pihak ketiga. Nah, untuk mengatasi hal berikut ada beberapa tips yang mampu Anda jalankan jadi dari menghapus cache Android, memperbarui aplikasi pada versi yang lebih baru, hapus information aplikasi, serta menghentikan aplikasi secara paksa.

1. Restart HP Android
Tips pertama cobalah untuk berisi kembali / me-restart ponsel Android Anda. Me-restart ponsel Android umumnya efektif untuk mengatasi aplikasi tidak mampu dibuka yang disebabkan oleh memori RAM penuh serta layanan proses yang tidak berlangsung dengan baik. Metode ini sebetulnya sederhana, namun tidak ada salahnya untuk Anda coba. Siapa memahami nantinya aplikasi yang mempunyai masalah berikut mampu normal kembali.

2. Bersihkan cache proses dan aplikasi
Tips sesudah itu adalah menghapus file cache memori pada proses dan aplikasi. Apa itu cache? cache adalah keliru satu file saat yang diproduksi oleh proses dan aplikasi terinstall. File cache menunjang pengguna untuk mengakses / menjalankan aplikasi secara lebih gampang dan cepat. Menghapus file cache amat penting untuk Anda jalankan supaya tidak berlangsung penumpukan pada memori internal ponsel. Untuk membersihkan file cache, ada dua metode yang mampu Anda lakukan; memanfaatkan aplikasi pembersih dan lewat manajemen aplikasi. Untuk melakukannya, Anda mampu mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

Hapus file cache pada aplikasi yang bermasalah
Hapus Cache Aplikasi Android
2. Hapus file cache secara manual. RUDI DIAN ARIFIN
Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan menentukan aplikasi yang mendambakan dihapus.
Pilih Hapus information » Bersihkan cache » selanjutnya konfirmasi dengan Oke untuk membersihkan cache.
Selesai.
Setelah menghapus cache pada aplikasi yang bermasalah, membersihkan juga cache proses dan aplikasi lainnya memanfaatkan aplikasi pembersih bawaan. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Bersihkan file cache memanfaatkan aplikasi pembersih
Bersihkan cache Android
2. Bersihkan file cache memanfaatkan aplikasi pembersih. RUDI DIAN ARIFIN
Buka aplikasi Pembersih pada ponsel Android Anda.
Tunggu hingga proses scanning cache selesai dilakukan.
Kemudian tap Bersihkan untuk mengawali proses pembersihan.
Tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan sukses dilakukan.
Selesai.
Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache Android

3. Coba hapus information aplikasi
Hapus Data Aplikasi Android
3. Hapus information aplikasi Android. RUDI DIAN ARIFIN
Apabila membersihkan cache tidak membuahkan hasil sama sekali, cobalah untuk menghapus information aplikasi. Menghapus information aplikasi bakal mengembalikan aplikasi ke posisi default (seperti baru di install). Semua information saat pada aplikasi berikut bakal hilang layaknya basis data, cache, cookies, bookmark, history, dan lainnya. Tenang saja, cara ini tidak menghapus aplikasi, namun hanya menghapus information aplikasi saja. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan menentukan aplikasi yang mendambakan dihapus.
Pilih Hapus information » Hapus semua information » selanjutnya konfirmasi dengan Oke untuk menghapus information aplikasi.
Selesai.
Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

4. Update proses dan aplikasi
Seiring berjalannya waktu, pengembang terus berusaha untuk memaksimalkan kinerja, stabilitas, keamanan, dan perbaikan pada aplikasi. Karena itulah saya sarankan untuk jalankan pembaruan proses dan aplikasi untuk mendapatkan peningkatan dan perbaikan tersebut. Pembaruan hanya mampu Anda jalankan apabila ada pembaruan / versi teranyar dari proses dan aplikasi. Untuk melakukannya, Anda mampu mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.